Resep Saus Bolognese Homemade Sehat & Super Lezat

Bagi rekan-rekan pecinta pasta, khususnya spaghetti, pasti sudah familiar dengan jenis saus ini ya saus bolognese. Saus ini sebenarnya adalah pengembangan dari saus dasar, yang juga digunakan pada pizza, sebagaimana resepnya pernah kami posting juga di blog ini, "3 Langkah Bikin Saus Klasik untuk Pizza".

Resep Saus Bolognese Homemade Sehat & Super Lezat

Meski lebih dikenal diaplikasikan pada pasta spaghetti, saus bolognese sebenarnya jenis saus yang adaptable diaplikasikan di hampir semua turunan pasta, untuk pizza oke, macaroni schotel oke, lasagna oke dsb. Oleh karenanya, kami seringkali membuat saus bolognese dalam jumlah agak banyak, dengan tujuan bisa disimpan, dan dikeluarkan dari kulkas ketika sewaktu-waktu pengen menikmati sajian praktis pasta.

Ya, dengan stok saus bolognese di kulkas, sarapan atau even lain untuk menikmati pasta di rumah menjadi jauh lebih praktis dan nggak pake lama.

Kan saus bolognese instant dari pabrikan juga tinggal beli?!

Emang iya sih, tapi bagi kami, saus bolognese homemade ini jauh lebih sehat, lebih ekonomis, dan yakin deh...lebih enak. Nggak percaya? coba buktiin aja deh bunda.

Sejarah Saus Bolognese

Sebelum kami berbagi resep saus bolognese-nya, ada baiknya kita ketahui dulu asal-usul saus pasta ini. Saus bolognese / bɒlənjeɪz /, dikenal di Italia sebagai saus bolognese [raɡu alla boloɲɲeːze; -ese], saus bolognese [raɡu bboloɲɲeːze; -ese], merupakan saus berbasis daging, yang berasal dari kota bernama Bologna, Italia.

Saus ini lazim digunakan untuk dressing "tagliatelle dengan saus daging" dan menyajikan "Lasagna". Saus ini juga digunakan sebagai dressing pasta-pasta berbentuk pipih lainnya, seperti pappardelle atau fettuccine. Asli ragù alla bolognese perlahan-lahan dimasak dalam bentuk saus, dan proses pembuatannya melibatkan beberapa teknik, seperti menumis dan braising.

Bahan utama pada asalnya mencakup bawang yang ditumis/goreng, seledri dan wortel, berbagai jenis daging sapi cincang atau cincang halus, tambahan anggur merah dan sedikit konsentrat tomat atau tomat, yang kemudian dimasak sedemikan rupa menghasilkan saus kental beraroma khas.

Di luar Italia, frase "Bolognese sauce" Sering Mengacu saus berbasis tomat dengan tambahan daging, dan lebih dikenal sebagai bagian dari dressing spaghetti sehingga dikenallah spaghetti bolognese (telah menjadi hidangan populer di banyak belahan dunia).

Resep Saus Bolognese

Bahan Saus Bolognese Rumahan:
  • 6 buah tomat buah (jika kita tidak menambahkan pasta tomat), blender hingga halus
  • 1 kaleng kecil pasta tomat (yang ini opsioanal ya, kami sih biasanya nggak pake. Jika Anda menambahkannya maka kurangi jumlah tomat menjadi 5 saja)
  • 250 gr daging giling
  • 1/2 butir bawang bombay cincang halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 50-100 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1-2 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt oregano
  • 1 sdm minyak untuk menumis
Cara Membuat:
  • Panaskan minyak, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  • Masukkan daging giling, masak hingga berubah warna
  • Tuang pasta tomat dan tomat yang telah diblender. Aduk hingga rata
  • Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk, dan aduk rata
  • Tuang air sedikit demi sedikit, dan masak hingga mengental
  • Masukkan oregano, aduk rata
  • Angkat dan saus bolognese siap digunakan, serta selebihnya dapat bunda simpan
Update: saya coba menambahkan  pasta tomat kaleng, maaf nyebut merek "S&W" dan hasilnya saus lebih kental meski tanpa tambahan larutan maizena, dan lebih bercita rasa. Lalu dalam beberapa kesempatan bikin saus bolognese ini, saya tidak lagi menambahkan air, karena kondisi juice tomat-nya sendiri sudah ber-air ya bunda, hasilnya tetap enak bunda.
Mudah bukan? dengan saus bolognese homemade ini, sajian pasta yang bunda buat bisa lebih nendang, karena bunda bisa menambahkan dressing saus sesuka hati (lebih ekonomis ongkos buatnya), lebih sehat tentunya. Untuk pizza? ugh..jauh lebih praktis lagi, apalagi pake tepung pizza instant dari pompom pizza, bikin pizza-nya praktis, saus-nya sudah tersedia...makin praktis aja.

Scroll to top