27 Manfaat Minyak Zaitun (Olive Oil) Pada Sajian Anda

Dalam resep pizza yang kami sertakan di setiap kemasan tepung premix pizza instan yang kami kirim, Anda akan menjumpai satu bahan tambahan berupa minyak zaitun. Meski demikian, ia memungkinkan digantikan dengan minyak goreng biasa. Mungkin karena satu hal, tidak tersedianya minyak zaitun di dapur bunda, susah mendapatkannya di sembarang warung di sekitar rumah, atau karena harganya yang memang jauh lebih mahal ketimbang minyak goreng biasa.

Namun demikian, tidak ada salahnya kami coba mengulas beberapa poin mengenai preferensi kami merekomendasikan minyak zaitun tersebut pada pengolahan pizza serta serta sajian makanan lain pada umumnya.

27 Manfaat Minyak Zaiutan (Olive Oil) Pada Sajian Anda

Konon, pada resep awal pembuatan pizza, jenis minyak zaitun inilah yang digunakan. Rekomendasi pakar kulinari, pilih minyak zaitun yang warnanya lebih gelap dan lebih hijau. Semakin gelap dan hijau warna minyaknya, semakin harum pizzanya. Tapi kalo kita gak suka dengan bau minyak zaitun, bisa diganti dengan margarin/mentegabsupaya hasilnya lebih kaya rasa.

Hasil akhir pizza dengan menggunakan minyak akan lebih padat dibandingkan dengan menggunakan margarin/mentega. Tapi pizza dengan menggunakan minyak, rasa akan "lebih pizza".

Sejak jaman dahulu, minyak zaitun telah dikatakan memiliki manfaat yang luar biasa. Bahkan beberapa menyebutnya sebagai emas cair dan yang lain menyebutnya sebagai karunia dari surga. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai penelitian telah memperkuat pendapat bahwa minyak zaitun adalah zat yang menakjubkan dengan banyak manfaat.

Di sini kami membatasi ulasan pada manfaat minyak zaitun dalam pengolahan makanan, yang juga terkait erat dengan sisi kesehatan.

1. Mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) pada sajian makanan kita – Salah satu manfaat minyak zaitun yang cukup populer adalah kemampuannya mengurangi kolesterol. Minyak zaitun mengandung polifenol, yang membantu menjaga tingkat kolesterol LDL anda dalam rentang yang sehat.

2. Membuat rasa lapar anda berkurang – Minyak zaitun menyebabkan anda merasa kenyang sehingga cenderung membuat anda makan lebih sedikit dan hasrat terhadap gula berkurang.

3. Kombinasikan dengan mentega untuk dioleskan pada roti – Satukan mentega dan minyak zaitun secukupnya dalam mangkuk. Kocok perlahan sampai minyak zaitun tercampur sepenuhnya dengan mentega. Dinginkan dan kemudian gunakan seperti yang anda lakukan pada roti.

4. Membuat anda hidup lebih lama – Tidak ada keraguan bahwa makan makanan yang sehat dapat membuat anda hidup lebih lama. Minyak zaitun merupakan bagian dari diet sehat di bumi, yaitu Diet Mediterania. Jeanne Calment, salah satu orang tertua di dunia mengkonsumsi minyak zaitun untuk diet sehari-hari.

5. Membantu anda membuat makanan yang lezat dan sehat – Minyak zaitun umumnya digunakan dalam segala macam masakan di Mediterania.

6. Memastikan makanan anda tidak menempel pada loyang – Minyak zaitun dapat dioleskan pada loyang untuk membuat makanan anda tidak menempel ketika diangkat.

7. Merubah makanan cepat saji menjadi makanan sehat – Gunakan minyak zaitun untuk mengubah pizza Amerika yang tidak sehat menjadi pizza Mediterania yang sehat, dengan cara menggantikan minyak yang umumnya dipakai dengan minyak zaitun serta oleskan juga pada loyang untuk menghindarinya dari kerak.

8. Membuat makanan tetap segar untuk waktu yang lama – Vitamin E dalam minyak zaitun membantu menjaga makanan tetap segar lebih lama dibanding minyak-minyak lainnya.

9. Mengganti mentega dalam setiap resep – Minyak zaitun adalah pengganti yang baik untuk mentega dalam hampir semua resep. Bahkan berfungsi dengan baik pada makanan yang dipanggang. Jika tetap ingin menggunakan mentega, gunakan sedikit saja dari jumlah mentega yang diperlukan dalam resep.

10. Mengembalikan masakan Italia pada habitatnya sebagai masakan sehat – Gunakan minyak zaitun dalam saus, dalam pasta untuk mencegah pasta menempel dan untuk menumis bahan-bahan. Sedikit minyak yang tepat dapat membuat perbedaan antara masakan yang sehat dan yang tidak.

11. Membuat saus sehat – Giling kemangi, kenari atau kacang pinus, parmesan dan bawang putih bersama-sama, kemudian campurkan dengan minyak zaitun sampai merata. Gunakan diatas pasta atau sebagai selai untuk roti.

12. Melindungi makanan dari freezer – Gunakan sebagai segel pelindung untuk saus buatan sendiri atau hidangan Mediterania lainnya sebelum anda membekukan mereka.

13. Membuat bumbu penyehat jantung – Minyak zaitun dapat menjadi bumbu yang lezat diatas roti dan banyak hidangan lainnya.

14. Menjadi campuran salad penyehat jantung – Campurkan minyak zaitun dan bumbu-bumbu lainnya di atas salad anda.

15. Membuat roti biasa menjadi sesuatu yang istimewa – Roti dapat dicelupkan pada minyak zaitun yang dicampur berbagai bumbu dan rempah-rempah.

16. Kombinasikan dengan bumbu, rempah-rempah, bawang putih atau air lemon untuk membuat saus dengan selera anda sendiri – Campurkan minyak zaitun dengan bumbu untuk menjadi saus celup. Lakukan percobaan dengan menambahkan bawang putih atau dalam kombinasi dengan bumbu, rempah-rempah, cuka atau air lemon.

17. Melancarkan pencernaan – Manfaat minyak zaitun lainnya yang tak kalah penting adalah membantu melancarkan proses pencernaan. Orang-orang telah mengkonsumsi minyak zaitun untuk kelancaran pencernaan selama beberapa generasi.

18. Menumis makanan – Inilah salah satu manfaat minyak zaitun yang cukup populer. Anda dapat menumis hampir semua jenis masakan dengan minyak zaitun. Hindari panas yang tinggi dan jangan coba menggunakannya untuk menggoreng.

19. Mengurangi risiko stroke pada orang tua melalui mekanisme tertentu – Menurut penelitian tahun 2011, orang tua yang melakukan diet kaya minyak zaitun, yang mengandung asam oleat plasma, lebih sedikit kemungkinan terkena stroke.

20. Menurunkan risiko penyakit jantung koroner pada wanita – budaya Mediterania telah lama memuja buah zaitun beserta minyaknya, dengan alasan yang baik tentu saja. Sebuah penelitian di Italia menemukan bahwa diet yang mencakup minyak zaitun bersama dengan sayuran dan buah-buahan mengurangi tingkat penyakit jantung koroner pada wanita yang terdaftar dalam penelitian tersebut.

21. Meningkatkan memori anda – Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat minyak zaitun dalam mencegah dan bahkan mungkin mengembalikan memori yang hilang akibat penyakit Alzheimer.

22. Mencegah serangan jantung pada pria – Sebuah studi pada tahun 2008 menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi sedikitnya dua ons minyak zaitun dalam jangka waktu tertentu akan mengurangi kemungkinan mereka terkena serangan jantung sebesar 82 persen dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi minyak zaitun.

23. Membantu anda untuk tetap sehat sampai usia tua – Diet Mediterania telah terbukti menjadi salah satu yang paling sehat di dunia. Minyak zaitun selalu menjadi bagian integral dari diet Mediterania. Meskipun anggur merah, ikan, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran juga memainkan peranan dalam keberhasilan diet ini, namun para ilmuwan setuju bahwa itu tidak akan semenguntungkan tanpa minyak zaitun.

24. Mencegah kenaikan berat badan – Karena minyak zaitun adalah makanan padat kalori, akibatnya ia sering dihindari karena takut menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa minyak zaitun, bersama dengan minyak kacang, tidak menyebabkan kenaikan berat badan, tidak seperti yang dilakukan oleh lemak tidak sehat.

25. Menyediakan cara mudah untuk menambahkan makanan yang mengalami proses minimal pada diet anda – Extra virgin olive oil merupakan minyak zaitun yang tidak disuling, diperoleh dengan cara memadatkan minyak zaitun dingin. Semua jenis minyak lainnya yang tersedia untuk dikonsumsi harus disuling dengan pemanasan dan proses kasar lainnya.

26. Membuat suplemen vitamin alami – Dua sendok makan dapat menggantikan suplemen vitamin E harian anda, sambil memberikan semua manfaat lain dari minyak zaitun.

27. Sama ampuhnya seperti buah-buahan dan sayuran sebagai sumber antioksidan dan vitamin – Minyak zaitun makanan alami yang mengalami proses pengolahan yang sangat minimal serta mengandung banyak antioksidan dan nutrisi, tidak kalah seperti buah-buahan dan sayuran.

Hmm...makin mantab kan untuk menggunakan minyak zaiutan dalam pengolahan sajian bunda?
Scroll to top